Menko Darmin Tak Sabar Tunggu Keputusan Fed Rate

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta bank sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve segera menetapkan suku bunga acuan (Fed Rate) terbaru. Menurutnya, apa pun keputusan yang diambil Janet Yellen dan kawan-kawan akan semakin memberi kepastian bagi negara-negara lain di dunia termasuk Indonesia dalam membuat perencanaan ekonomi tahun depan.

“Buat Indonesia sebenarnya, lebih baik lakukan lah (keputusan terkait suku bunga). Ekonomi Indonesia, terutama nilai tukar kita sudah terlalu tinggi dari fundamentalnya karena spekulasi menunggu ini terus,” ujar Darmin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/9).

Darmin menilai jika Yellen memutuskan untuk menaikkan suku bunga bank sentral yang dipimpinnya, bukan berarti hal tersebut merupakan angin positif bagi perekonomian Indonesia.

“Tetapi kalau dinaikkan, maka akan tercipta kesempatan bagi semua untuk melakukan penyesuaian. Sehingga nilai tukar kita, tekanan akibat spekulasi jadi mereda dan nilai tukar bergerak ke fundamentalnya,” kata Mantan Kepala Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) tersebut.

Menurut Darmin kalaupun The Fed benar-benar menaikkan suku bunga yang berpotensi menarik investasi masuk ke negara Barrack Obama, toh hal tersebut sudah terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

“Orang pun sudah memprediksi ini akan terjadi dan sudah terjadi beberapa bulan. Mungkin masih ada lagi yang investasi kesana, tapi tidak akan besar. Pesan saya, jangan anggap ini momok karena hal itu sudah diprediksi,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar